Bahasan Mengenai Kesehatan Rahim


Bahasan Mengenai Kesehatan Rahim -  Hal yang paling penting bagi seorang wanita salah satunya adalah rahim. Karena rahim inilah seorang wanita dapat melahirkan seorang anak. Tetapi akhir- akhir ini, banyak permasalahan yang menyangkut hal ini. Apa saja kesehatan rahim itu, silahkan simak pada pembahasan berikut. 

Beberapa Gangguan Kesehatan alat Reproduksi bisa dialami baik itu Pria maupun Wanita, namun karena lebih banyaknya penyakit yang terjadi pada wanita, maka yang akan menjadi topik kita hari ini adalah tentang seputar kesehatan rahim. Mengenai Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita terkait seputar kesehatan rahim umumnya akibat dari Gangguan Kesehatan Reproduksi dikarenakan masalah-masalah yang tidak diduga, karena beberapa wanita yang memang selalu menjaga kebersihan Reproduksi akhirnya juga mengalami gangguan tersebut.

Penyakit yang sering dikeluhkan menyerang kesehatan reproduksi wanita adalah kanker serviks atau Kanker leher rahim. Jenis Kanker ini termasuk kanker paling mematikan nomer dua di dunia setelah kanker payudara. Kanker serviks yang sudah memasuki stadium lanjut biasanya sulit untuk disembuhkan dan akhirnya menyebabkan kematian dalam jangka waktu yang cepat. 

Serviks atau leher rahim/mulut rahim merupakan bagian ujung bawah rahim yang menonjol diatas vagina. Perkembangan kanker leher rahim terjadi secara bertahap, namun progresif. Agar anda terhindar dari penyakit yang mematikan ini, sebaiknya anda menghindari berapa hal yang menjadi Penyebab Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita yang diantaranya adalah:

Hubungan seks atau Pernikahan pada usia terlalu muda


Semakin muda perempuan melakukan hubungan seks, makan akan semakin meningkatkan resiko terkena kanker serviks. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh para ahli, didapatkan hasil bahwa perempuan yang melakukan hubungan seks pada usia kurang dari 17 tahun mempunyai resiko 3 kali lebih besar dari pada yang menikah atau berhubungan seks pada usia lebih dari 20 tahun.


Sering Berganti pasangan seksual


Selain dapat menjadi penyebab tertularnya virus HIV, suka berganti pasangan seksual juga akan meningkatkan penularan penyakit kelamin yang Mengganggu Kesehatan Reproduksi Wanita. Penyakit yang ditularkan seperti infeksi human papilloma virus (HPV) terbukti meningkatkan resiko kanker serviks, penis dan vulva. Resiko ini akan meningkat menjadi 10 kali lipat pada perempuan yang mempunyai pasangan seksual lebih dari 5 orang. 


Merokok


Wanita yang merokok memiliki resiko 2 kali lebih besar menderita kanker serviks dibandingkan dengan Wanita yang tidak merokok. Penelitian menunjukkan, lendir serviks pada Wanita perokok mengandung nikotin dan zat-zat lainnya yang juga terdapat pada rokok. Zat-zat tersebut menurunkan kekebalan serviks terhadap infeksi virus.

Konsumsi Kontrasepsi oral jangka panjang


Konsumsi pil-pil pengontrol kelahiran selama 5 tahun lebih dapat meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita-wanita dengan infeksi HPV.

Sering Hamil / Banyak anak


Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa melahirkan banyak anak juga dapat meningkatkan risiko kanker leher rahim diantara wanita-wanita dengan infeksi HPV dan Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita yang lain.

Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita


Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa meningkatkan Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita, anda khususnya wanita tentu harus berhati-hati dalam mengatur pola hidup dan mencari pasangan. Karena Wanita yang mempunyai banyak mitra-mitra seksual mempunyai risiko lebih tinggi dari ancaman kanker leher rahim. Hal ini termasuk, seorang wanita mempunyai mitra hubungan seksual dengan seorang pria yang mempunyai banyak mitra-mitra seksual juga akan meningkatkan Resiko Kanker Serviks.

Posting Komentar